Inovasi Pembelajaran Lembaga Kursus
Lomba Karya Nyata:
Lembaga Kursus Musik Brilliyan Music Course Sumbawa Barat
Nama : Anggun MArtiwinangun
Penyelenggara Kursus Musik Brilliyan Music
Course Sumbawa Barat
MUSIK UNTUK PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN
Ada
banyak upaya yang dapat kita lakukan dalam rangka menanamkan ilmu pengetahuan
dan menumbuhkan karaktek pada anak sedari dini. Upaya tersebut tentunya melalui
proses pendidikan kepada anak. Proses pendidikan tersebut dapat diselenggarakan
dalam beberapa cara yang dibagi menjadi 2 (dua) yaitu formal dan formal.
Pendidikan formal dapat di terima oleh masyarakat melalui Sekolah-sekolah
dengan kurikulum yang telah ditentukan oleh Pemerintah. Sementara pendidikan
non formal dapat di peroleh melalui institusi non formal yang salah satunya
adalah Lembaga Kursus. Lemabaga kursus memberikan berbagai macam pilihan kepada
siapa saja yang ingin mengembangkan kemampuannya dengan mendapatkan metode
pengjaran yang lebih menitikberatkan kepada praktek langsung.
Sesuai
dengan
Menyelenggarakan kursus adalah berawal dari
kesadaran akan pentingnya musik
Terkadang
masyarakat tidak menyadari pentingnya music dalam kehidupan sehari-hari. Music
merupakan multi disiplin yang melibatkan seluruh koordinasi fisik-mental
manusia. Contoh yang paling sering kita lakukan adalah menyanyi. Ketika
bernyanyi,terjadi koordinasi antara tubuh serta pikiran kerja otak kanan dan
kiri (yang berhubungan dengan linguistic dan logika). Hal ini menimbulkan
respon bernafas yang baik,control nada,pembacaan teks dalam bahasa asing,system
notasi balok,dan interpretasi music.
Pendidikan
music dapat dilakukan secara individu maupun dalam kelompok dengan waktu
belajar sepanjang hidupnya. Studi music bisa menjadi salah satu factor
pendukung bagi anak-anak karena pendidikan seni yang berkualitas dapat menumbuhkan
apresiasi,memberikan nilai tambah dan arti dalam hidup seseorang. Oleh karena
pendidikan music dari usia dini di sekolah maupun di rumah sangat penting.
Karena merupakan fundamental yang penting bagi perkembangan
kemampuan/keterampilan,karakter,sikap dan kultur manusia.
Hasil penelitian
menunjukkan bahwa music dapat meningkatkan sekaligus memperkaya perkembangan
otak anak(terutama anak di bawah 3 tahun) dan memperkaya kemampuan spasial otak
(2 dimensi dan 3 dimensi) dan penalaran serta logika,yang sangat berpengaruh
dalam bidang ilmu matematika ,teknik sipil dan ilmu pasti lainnya.
Mengapa
pendidikan di butuhkan oleh masyarakat:
1. Pembelajaran musik sejak dini dapat
meningkatkan kemampuan fundamental belajar di berbagai bidang, seperti:
a)Mengaktifkan
kinerja otak kanan & kiri dan meningkatkan kemampuan berpikir (daya ingat
& konsentrasi) seseorang, seperti: kemampuan spasial dan penalaran dalam
memvisualisasikan ruang dan waktu. b) Melatih kemampuan fleksibilitas mental
untuk berpikir selangkah di depan, mengorganisasi, mengolah informasi, dan
mengerjakan beberapa tugas sekaligus dalam waktu yang bersamaan
(multi-tasking).
c) Musik merupakan bahasa universal. Di dalam musik, seseorang
akan belajar untuk mengekspresikan pemikirannya melalui nada (pitch), warna
nada (timbre), dan tempo tanpa bantuan kata-kata dan kalimat. Hal ini dapat
membantu anak untuk berpikir secara abstrak.
d) Mengasah berbagai kemampuan
intelligensi/kecerdasan (multiple intelligence), seperti: kecerdasan
intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ).
e) kemampuan belajar secara
kognitif (cognitive learning & reasoning), f) Meningkakan kemampuan berbahasa
dan membaca (language)
g) Melatih kemampuan otot motorik halus anak (fine motor
skills)
oleh karena itu ibu yang sedang hamil di sarankan untuk sering
mendengarkan music klasik yang tenang agar otak anaknya dapat berkembang lebih
baik.
2) Untuk perkembangan kehidupan sosial yang sehat (good social
skills)
music merupakan salah satu media untuk mengasah karakter anak. Anak
yang mempelahari music memiliki perkembang kepribadian yang jauh lebih baik
daripada anak yang tidak bermain music. Bermain music dalam kelompok juga dapat
melatih kemampuan anak untuk dapat bersosialisasi melalui media music.
Saat
murid mulai mengkomposisi dan berimprovisasi, mereka belajar untuk
mempertimbangkan pilihan-pilihan yang ada dan dituntut untuk membuat keputusan
yang cepat (problem-solving & decision making).
Meningkatkan pertumbuhan
emosional, imajinasi, dan kreativitas
Sering kali
belajar music di salah artikan sebagai kegiatan sampingan yang kurang
penting,padahal dengan bermain music banyak manfaat yang dapat kita dapatkan
daripada belajar eksak.
Dengan mempelajari dan mengajarkan music sejak dini
,berarti kita telah membuka peluang yang lebih baik bagi generasi selanjutnya.
Oleh karena itu, mempelajari music harusnya di pandang sebagai suatu kesempatan
untuk dapat membangun dan membentuk pribadi yang cerdas.
Meletakkan fondasi awal kecerdasan Anak Sumbawa Barat melalui music
Setelah
kami paparkan pentingnya music bagi masyarakat, maka dalam rangka membangun
kecerdasan emosional masyarakat KSB, haruslah music menjadi bagian terpenting
dalam membangun kualitas masyarakat Sumbawa Barat. Dalam penyelenggaraan Brilliyan
Music Course tentunya mengakomodir aspek-aspek seperti yang kami jelaskan
diatas. Aspek-aspek tersebut tentunya mengarah kepada fungsi dan manfaat music
bagi masyarakat. Penyelenggaraan Kursus Musik Brilliyan Musik Course saat ini
menitikberatkan kepada 2 (dua) agenda yaitu Pendidikan dan Pemberdayaan
A.
Pendidikan
Pendidikan
music yang kami selenggarakan mengacu kepada tujuan inti dari aktifitas Lembaga
itu sendiri yaitu pembelajaran ilmu. Di dalam aktifitas pembelajaran kami mengacu
kepada beberapa kurikulum pendidikan music, dan dipadukan dengan beberapa
materi penunjang yang mengarahkan kepada pendidikan mental dan sikap. Sementara
itu untuk aktifitas pembelajaran sehari-hari, penyelenggaraan Pendidikan tidak
diberlakukan sesuai dengan umur, tetapi berdasarkan tingkat kemampuan calon
siswa yang telah melakukan tes kemampuan Penyelenggaraan pendidikan sebelumnya
oleh panitia penerima calon siswa baru.
dilaksanakan
dengan pola jenjang kelas. Pemberlakuan jenjang kelas terdiri dari: Kelas A (tingkatan Pemula). Penyelenggaraan
pendidikan berlangsung selama 3 bulan dengan intensitas pertemuan 2 kali dalam
seminggu. Para siswa akan mendapat materi pengajaran dasar berupa pemahaman
notasi, pola permnainan sederhana, dan penguasaaan beberapa buah lagu. Kelas B (tingkatan Menengah). Penyelenggaraan pendidikan
berlangsung selama 3 bulan dengan intensitas pertemuan 2 kali dalam seminggu.
Para siswa akan mendapat materi pengajaran berupa permainan lagu dengan
berbagai jenis aliran music. Kelas c
(Profesional) Penyelenggaraan pendidikan berlangsung selama 3 bulan dengan
intensitas pertemuan 2 kali dalam seminggu. Para siswa akan mendapat materi pengajaran
dengan pola permainan yang sudah mafan.
Kursus
yang diselenggarakan yaitu: 1) Kursus Piano, 2) Kursus Gitar, 3) Kursus Biola,
4) Kursus Drum, dan 5) Kursus Vocal. Tenaga pengajar yang aktif memberikan
pembelajaran bagi peserta kursus yaitu mereka-mereka yang berkompeten di
bidangnya, dengan memberikan pembelajaran berupa: Pengenalan Not Angka,
Pengenalan Dasar Permainan Alat Music, Pengajaran Tehnic bermain alat music,
Mengiringi lagu dengan beberapa jenis aliran music. Menuju kepada pencapaian
hasil belajar, murid menempuh proses pendidikan Selama 6 (enam) bulan, dan di
akhiri dengan kegiatan konser music sebagai bagian dari program kerja Lembaga
dalam menginplementasikan tujuan dari manfaat dan fungsi dari music itu sendiri
B.
Pemberdayaan
Aspek pemberdayaan yang
diselenggarakan oleh Brilliyan Music Course adalah:
1.
Memberdayakan
seniman muda yang masih menganggur
Pemberdayaan dalam bentuk
ini dilakukan dengan cara melibatkan mereka sebagai tenaga pengajar dalam
aktifitas kursus yang di selenggarakan oleh Brilliyan Music Course. Mereka para
seniman/musisi yang pendapatannya belum memadai diberikan insentif pengjaran
dihitung per jumlah jam mengajar. Bagi mereka para musisi yang belum mengerti
not angka dan not balok, maka mereka diberikan jam mengajar dalam bentuk
praktek. Saat ini yang sudah berjalan adalah kursus gitar, kursus drum dan
kursus piano.
2.
Menyalurkan
para lulusan ke kelompok music untuk digunakan dalam berbagai event
Saat ini baru beberapa
lulusan yang sudah mulai aktif untuk digunakan jasanya bermain music pada
acara-acara yang berlangsung didalam masyarakat seperti acara resepsi
perkawinan, acara sunatan, dan event-event yang diselenggarakan di daerah.
3.
Sebagai
Tenaga Pengajar Ektrakurikuler di Sekolah-sekolah
Dibeberapa sekolah yang
ada di KSB, memang sedikit kita temukan mereka yang bisa bermain music. Lulusan
dari Brilliyan Music Course saat ini baru beberapa yang sudah dapat menjadi
tenaga pengajar pada jam ekstrakurikuler siswa di Sekolah-sekolah.
Perpaduan antara Pendidikan
dan Pemberdayaan adalah model yang saat ini coba bangun dan terus menerus akan
kami kembangkan. Karena keberlanjutan dari aktifitas belajar mengajar yang
berlangsung di Brilliyan Music Course tidak hanya sebagai dasar saja untuk
dapat melanjutkan pendidikan musik ke jenjang yang lebih tinggi, tetapi juga
yang tak kalah pentingnya adalah pemberdayaan. Keberhasilan dari
penyelenggaraan kursus adalah bagaimana agar output dari aktifitas belajar
mengajar tersebut dapat menjadi bermanfaat baik bagi dirinya maupun orang lain.

0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda