Jumat, 11 April 2014

Inovasi Pembelajaran Lembaga Kursus


Lomba Karya Nyata: Lembaga Kursus Musik Brilliyan Music Course Sumbawa Barat

Nama : Anggun MArtiwinangun
Penyelenggara Kursus Musik Brilliyan Music Course Sumbawa Barat

MUSIK UNTUK PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN

Ada banyak upaya yang dapat kita lakukan dalam rangka menanamkan ilmu pengetahuan dan menumbuhkan karaktek pada anak sedari dini. Upaya tersebut tentunya melalui proses pendidikan kepada anak. Proses pendidikan tersebut dapat diselenggarakan dalam beberapa cara yang dibagi menjadi 2 (dua) yaitu formal dan formal. Pendidikan formal dapat di terima oleh masyarakat melalui Sekolah-sekolah dengan kurikulum yang telah ditentukan oleh Pemerintah. Sementara pendidikan non formal dapat di peroleh melalui institusi non formal yang salah satunya adalah Lembaga Kursus. Lemabaga kursus memberikan berbagai macam pilihan kepada siapa saja yang ingin mengembangkan kemampuannya dengan mendapatkan metode pengjaran yang lebih menitikberatkan kepada praktek langsung.
Sesuai dengan

Menyelenggarakan kursus adalah berawal dari kesadaran akan pentingnya musik
Terkadang masyarakat tidak menyadari pentingnya music dalam kehidupan sehari-hari. Music merupakan multi disiplin yang melibatkan seluruh koordinasi fisik-mental manusia. Contoh yang paling sering kita lakukan adalah menyanyi. Ketika bernyanyi,terjadi koordinasi antara tubuh serta pikiran kerja otak kanan dan kiri (yang berhubungan dengan linguistic dan logika). Hal ini menimbulkan respon bernafas yang baik,control nada,pembacaan teks dalam bahasa asing,system notasi balok,dan interpretasi music.
Pendidikan music dapat dilakukan secara individu maupun dalam kelompok dengan waktu belajar sepanjang hidupnya. Studi music bisa menjadi salah satu factor pendukung bagi anak-anak karena pendidikan seni yang berkualitas dapat menumbuhkan apresiasi,memberikan nilai tambah dan arti dalam hidup seseorang. Oleh karena pendidikan music dari usia dini di sekolah maupun di rumah sangat penting. Karena merupakan fundamental yang penting bagi perkembangan kemampuan/keterampilan,karakter,sikap dan kultur manusia.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa music dapat meningkatkan sekaligus memperkaya perkembangan otak anak(terutama anak di bawah 3 tahun) dan memperkaya kemampuan spasial otak (2 dimensi dan 3 dimensi) dan penalaran serta logika,yang sangat berpengaruh dalam bidang ilmu matematika ,teknik sipil dan ilmu pasti lainnya.
Mengapa pendidikan di butuhkan oleh masyarakat:
1. Pembelajaran musik sejak dini dapat meningkatkan kemampuan fundamental belajar di berbagai bidang, seperti:
a)Mengaktifkan kinerja otak kanan & kiri dan meningkatkan kemampuan berpikir (daya ingat & konsentrasi) seseorang, seperti: kemampuan spasial dan penalaran dalam memvisualisasikan ruang dan waktu. b) Melatih kemampuan fleksibilitas mental untuk berpikir selangkah di depan, mengorganisasi, mengolah informasi, dan mengerjakan beberapa tugas sekaligus dalam waktu yang bersamaan (multi-tasking).
c) Musik merupakan bahasa universal. Di dalam musik, seseorang akan belajar untuk mengekspresikan pemikirannya melalui nada (pitch), warna nada (timbre), dan tempo tanpa bantuan kata-kata dan kalimat. Hal ini dapat membantu anak untuk berpikir secara abstrak.
d) Mengasah berbagai kemampuan intelligensi/kecerdasan (multiple intelligence), seperti: kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ).
e) kemampuan belajar secara kognitif (cognitive learning & reasoning), f) Meningkakan kemampuan berbahasa dan membaca (language)
g) Melatih kemampuan otot motorik halus anak (fine motor skills)
oleh karena itu ibu yang sedang hamil di sarankan untuk sering mendengarkan music klasik yang tenang agar otak anaknya dapat berkembang lebih baik.
2) Untuk perkembangan kehidupan sosial yang sehat (good social skills)
music merupakan salah satu media untuk mengasah karakter anak. Anak yang mempelahari music memiliki perkembang kepribadian yang jauh lebih baik daripada anak yang tidak bermain music. Bermain music dalam kelompok juga dapat melatih kemampuan anak untuk dapat bersosialisasi melalui media music.
Saat murid mulai mengkomposisi dan berimprovisasi, mereka belajar untuk mempertimbangkan pilihan-pilihan yang ada dan dituntut untuk membuat keputusan yang cepat (problem-solving & decision making).
Meningkatkan pertumbuhan emosional, imajinasi, dan kreativitas
Sering kali belajar music di salah artikan sebagai kegiatan sampingan yang kurang penting,padahal dengan bermain music banyak manfaat yang dapat kita dapatkan daripada belajar eksak.
Dengan mempelajari dan mengajarkan music sejak dini ,berarti kita telah membuka peluang yang lebih baik bagi generasi selanjutnya. Oleh karena itu, mempelajari music harusnya di pandang sebagai suatu kesempatan untuk dapat membangun dan membentuk pribadi yang cerdas.

Meletakkan fondasi  awal kecerdasan Anak Sumbawa Barat melalui music

Setelah kami paparkan pentingnya music bagi masyarakat, maka dalam rangka membangun kecerdasan emosional masyarakat KSB, haruslah music menjadi bagian terpenting dalam membangun kualitas masyarakat Sumbawa Barat. Dalam penyelenggaraan Brilliyan Music Course tentunya mengakomodir aspek-aspek seperti yang kami jelaskan diatas. Aspek-aspek tersebut tentunya mengarah kepada fungsi dan manfaat music bagi masyarakat. Penyelenggaraan Kursus Musik Brilliyan Musik Course saat ini menitikberatkan kepada 2 (dua) agenda yaitu Pendidikan dan Pemberdayaan

A.    Pendidikan
Pendidikan music yang kami selenggarakan mengacu kepada tujuan inti dari aktifitas Lembaga itu sendiri yaitu pembelajaran ilmu. Di dalam aktifitas pembelajaran kami mengacu kepada beberapa kurikulum pendidikan music, dan dipadukan dengan beberapa materi penunjang yang mengarahkan kepada pendidikan mental dan sikap. Sementara itu untuk aktifitas pembelajaran sehari-hari, penyelenggaraan Pendidikan tidak diberlakukan sesuai dengan umur, tetapi berdasarkan tingkat kemampuan calon siswa yang telah melakukan tes kemampuan Penyelenggaraan pendidikan sebelumnya oleh panitia penerima calon siswa baru.
dilaksanakan dengan pola jenjang kelas. Pemberlakuan jenjang kelas terdiri dari: Kelas A (tingkatan Pemula). Penyelenggaraan pendidikan berlangsung selama 3 bulan dengan intensitas pertemuan 2 kali dalam seminggu. Para siswa akan mendapat materi pengajaran dasar berupa pemahaman notasi, pola permnainan sederhana, dan penguasaaan beberapa buah lagu. Kelas B (tingkatan  Menengah). Penyelenggaraan pendidikan berlangsung selama 3 bulan dengan intensitas pertemuan 2 kali dalam seminggu. Para siswa akan mendapat materi pengajaran berupa permainan lagu dengan berbagai jenis aliran music. Kelas c (Profesional) Penyelenggaraan pendidikan berlangsung selama 3 bulan dengan intensitas pertemuan 2 kali dalam seminggu. Para siswa akan mendapat materi pengajaran dengan pola permainan yang sudah mafan.

Kursus yang diselenggarakan yaitu: 1) Kursus Piano, 2) Kursus Gitar, 3) Kursus Biola, 4) Kursus Drum, dan 5) Kursus Vocal. Tenaga pengajar yang aktif memberikan pembelajaran bagi peserta kursus yaitu mereka-mereka yang berkompeten di bidangnya, dengan memberikan pembelajaran berupa: Pengenalan Not Angka, Pengenalan Dasar Permainan Alat Music, Pengajaran Tehnic bermain alat music, Mengiringi lagu dengan beberapa jenis aliran music. Menuju kepada pencapaian hasil belajar, murid menempuh proses pendidikan Selama 6 (enam) bulan, dan di akhiri dengan kegiatan konser music sebagai bagian dari program kerja Lembaga dalam menginplementasikan tujuan dari manfaat dan fungsi dari music itu sendiri

B.    Pemberdayaan
Aspek pemberdayaan yang diselenggarakan oleh Brilliyan Music Course adalah:
1.    Memberdayakan seniman muda yang masih menganggur
Pemberdayaan dalam bentuk ini dilakukan dengan cara melibatkan mereka sebagai tenaga pengajar dalam aktifitas kursus yang di selenggarakan oleh Brilliyan Music Course. Mereka para seniman/musisi yang pendapatannya belum memadai diberikan insentif pengjaran dihitung per jumlah jam mengajar. Bagi mereka para musisi yang belum mengerti not angka dan not balok, maka mereka diberikan jam mengajar dalam bentuk praktek. Saat ini yang sudah berjalan adalah kursus gitar, kursus drum dan kursus piano.
2.    Menyalurkan para lulusan ke kelompok music untuk digunakan dalam berbagai event
Saat ini baru beberapa lulusan yang sudah mulai aktif untuk digunakan jasanya bermain music pada acara-acara yang berlangsung didalam masyarakat seperti acara resepsi perkawinan, acara sunatan, dan event-event yang diselenggarakan di daerah.
3.    Sebagai Tenaga Pengajar Ektrakurikuler di Sekolah-sekolah
Dibeberapa sekolah yang ada di KSB, memang sedikit kita temukan mereka yang bisa bermain music. Lulusan dari Brilliyan Music Course saat ini baru beberapa yang sudah dapat menjadi tenaga pengajar pada jam ekstrakurikuler siswa di Sekolah-sekolah.
Perpaduan antara Pendidikan dan Pemberdayaan adalah model yang saat ini coba bangun dan terus menerus akan kami kembangkan. Karena keberlanjutan dari aktifitas belajar mengajar yang berlangsung di Brilliyan Music Course tidak hanya sebagai dasar saja untuk dapat melanjutkan pendidikan musik ke jenjang yang lebih tinggi, tetapi juga yang tak kalah pentingnya adalah pemberdayaan. Keberhasilan dari penyelenggaraan kursus adalah bagaimana agar output dari aktifitas belajar mengajar tersebut dapat menjadi bermanfaat baik bagi dirinya maupun orang lain.


0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda